Menyusun Rencana Bisnis

Bagi seorang pebisnis atau orang yang sedang menjalankan sebuah usaha, pastinya kita tidak asing dengan rencana bisnis (business plan). Mungkin untuk orang awam ataupun mahasiswa tentu Anda akan bertanya apa sih yang dimaksud dengan rencana bisnis. Lalu mengapa kita perlu menyusun rencana bisnis dan bagaimana menyusun rencana bisnis yang baik dan efektif ketika kita memulai suatu usaha. Nah pada artikel kali ini, penulis akan mencoba menjelaskan semua pertanyaan tentang rencana bisnis tersebut.

Rencana bisnis (business plan) memiliki pengertian dokumen tertulis yang memerinci seluk beluk usaha atau bisnis yang akan menjadi peta untuk mencapai tujuan seorang pebisnis. Dalam menjalankan sebuah bisnis kita tidak bisa hanya mengandalkan pengetahuan yang ada di dalam otak kita saja, tetapi kita juga harus menuangkannya dalam dokumen tertulis apa saja yang akan kita kerjakan, bagaimana cara kita menyelesaikannya, siapa saja yang akan menjalankannya, dan untuk apa kita menjalankan usaha tersebut. Dengan kata lain rencana bisnis ini merupakan peta jalan bisnis yang berisikan tentang informasi status usaha saat ini, kebutuhan mendatang, dan hasil yang diharapkan oleh usaha atau bisnis yang kita jalankan tersebut. Rencana bisnis ini juga bisa menjadi acuan kita dalam membuat sebuah proposal bisnis.

Rencana bisnis (business plan) ini berbeda dengan perencanaan bisnis (business planning). Perbedaan antara rencana bisnis dengan perencanaan bisnis yaitu jika rencana bisnis kita buat ketika ingin membentuk sebuah usaha baru sedangkan perencanaan bisnis dibuat ketika kita sudah memiliki sebuah usaha dan ingin mengembangkannya. Dalam segi kompleksitas, rencana bisnis ini lebih sederhana dibandingkan dengan perencanaan bisnis yang sangat kompleks dan holistik karena memerlukan sebuah analisis usaha. Struktur rencana bisnis juga hanya fokus pada 3 hal utama yaitu ide bisnis, pemasaran, dan keuangan. Tentunya berbeda dengan perencanaan bisnis yang memiliki struktur menyeluruh mencakup pengembangan semua struktur dan fungsi organisasi. Jangka waktu dalam rencana bisnis adalah perencanaan jangka pendek berkisar 3 - 7 tahun sedangkan perencanaan bisnis adalah perencanaan strategis jangka panjang berkisar lebih dari 10 tahun.

Seorang pebisnis yang baru akan membangun sebuah usaha harus membuat rencana bisnis untuk mengurangi resiko bisnis yang ada. Rencana bisnis ini juga harus dibuat untuk menuangkan segala kerumitan proses produksi dan transaksi bisnis jadi tidak hanya disimpan dalam otak kita saja. Dengan begitu rencana bisnis ini dapat digunakan oleh orang lain yaitu pembaca rencana bisnis seperti investor. lembaga pinjaman, dan mitra. Rencana bisnis merupakan langkah awal seseorang menjadi wirausaha dan alat bantu dalam mensistemasikan logika bisnis yang pada dasarnya sangat kompleks agar menjadi sederhana dan mudah.

Dalam membuat rencana bisnis yang baik harus memiliki 10 unsur yang terpenuhi, yaitu sebagai berikut:

1. Singkat dan padat

2. Terorganisir rapi dengan penampilan menarik

3. Rencana yang menjanjikan

4. Hindari melebih-lebihkan proyeksi

5. Kemukakan risiko-risiko bisnis yang signifikan

6. Tim terpercaya dan efektif

7. Fokus

8. Target pasar

9. Realistis

10. Spesifik

Dalam membuat rencana bisnis tentunya memiliki beberapa hal mendasar diantaranya mengawali dengan ide bisnis yang memiliki potensi ataupun peluang, ide bisnis sebagai jawaban, percaya bahwa kita merupakan orang yang tepat, bagaimana cara mendapatkan keuntungan, siapa yang akan membeli produk atau memakai jasa bisnis, dan darimana dana untuk memulai bisnis. Hal inilah yang harus ada dan tercermin dalam rencana bisnis.

Sebuah rencana bisnis juga memiliki beberapa komponen penting di dalamnya yaitu yang pertama Konsep Bisnis yang memuat bidang industri, struktur bisnis, penawaran produk/jasa, dan cara mensukseskan bisnis. Kedua, Pasar (market) mencakup konsumen potensial, alasan pembelian, kondisi persaingan, dan posisi dalam persaingan. Ketiga, Rencana Keuangan seperti estimasi pendapatan, analisis break event point (BEP), dan cash flow. Keempat, Manajemen dan Organisasi yaitu sumber daya manusia, struktur organisasi, dan uraian tugas.

Dalam penyususan rencana bisnis harus mengikuti sistematika rencana bisnis yang ada, yaitu:

1. Ringkasan Eksekutif

2. Deskripsi Bisnis

3. Strategi Pemasaran

4. Analisis Persaingan

5. Rencana Desain dan Pengembangan

6. Rencana Operasi dan Manajemen

7. Analisis Rencana Keuangan

Rencana bisnis yang baik yaitu rencana bisnis yang memiliki penampilan yang rapi dan menarik, memiliki panjang halaman 10-20 halaman, terdapat halaman muka dan judul, memuat ringkasan, dan memiliki daftar isi.

Dengan demikian penulis sudah menjawab semua pertanyaan - pertanyaan yang sering muncul ketika kita berbicara tentang rencana bisnis (business plan). Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua terutama bagi seseorang yang baru akan memulai sebuah usaha dan memerlukan pengetahuan tentang rencana bisnis tersebut.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=wcvN0sn1Zb8



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENTINGNYA DIGITAL MARKETING DALAM INDUSTRI PARIWISATA

Bagaimana Membangun Citra dan Reputasi Universitas